Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Arsitektur dan Keamanan Web Science

Tugas mata kuliah softskill Universitas Gunadarma, Pengantar Web Science, jurusan Teknik Informatika, semester 4. Point-pointnya adalah : Arsitektur dan Keamanan Web Science.
ditulis oleh Sayful Adrian 


(Untuk melihat Part 1-nya, ttg Definisi, Sejarah, dan Metodologi Web Science, klik link ini)

1. Arsitektur Web Science  


Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

 “Website arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan produksi adalah lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan cetak. Tiga standar utama untuk penerapan web services. Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut bakal tak jelaskan secara singkat mengenai standar tersebut. SOAP ( Simple Object Access Protocol ).

Struktur 3 (tiga) lapisan ini menghasilkan sebuah website yang mudah ditelusuri bagi pengunjung dan spider. Selain mengikuti tautan-tautan untuk menemukan website, Anda juga bisa memberikan alamat website Anda kepada spider. Misalnya melalui Googlebot, spidernya Google. Cukup ketikkan alamat website Anda, kemudian spider atau web crawler akan menelusuri semua halaman website dan membuat indeksnya. Sekarang, mari kita bahas halaman-halaman yang ada pada sebuah website.

Berikut adalah bagian dari arsitektur web, yaitu :


  • HTTP (Hyper Transfer Protocol) adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistributif, kolabratif, dan menggunakan hypermedia.
  • WWW(World Wide Web) kumpulan seluruh web server dari seluruh dunia yang menyediakan data dan informasi yang dapat digunakan bersama, merupakan sekelompok dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan hyperteks link
  • URL (Universal Resource Locator) konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputer, dan lokasi komputer sesuai dengan metode yang digunakan. URL selain menunjuk ke suatu file tapi juga menunjuk ke suatu query, dokumen dalam suatu database atau hasil dari perintah figner atau perintah archie.
  • XML (Extensible Markup Language) bahasa web turunan Standart Generalized Markup Language)
  • Java Script bahasa pemrograman berbasis prototype yang berjalan disisi klien.
  • AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) gabungan dari beberapa teknologi yang bertujuan untuk menghindari page reload.

     #Karakteristik Arsitektur Web Science

1. Aspek Layering: Sistem Software distrukturkan dalam beberapa tier (deretan bertingkat) untuk mengimplementasikan prinsip “pemisahan urusan (konsen)”
2. Aspek Data: Data dapat berupa:
   a. Structured (Terstruktur)
      1. Relational DB
      2. XML
   b. Non-structured (Tak-Terstruktur)
      1. Konten Multimedia
      2. Gambar, audio, video

2. Keamanan Web Science

Lalu apa yang dapat kita lakukan pada keamanan web ???
Sebenarnya keamanan dalam teknologi informasi atau secara lebih spesifik lagi web di internet yang menjadi penyebab ancaman dan serangan adalah :
1) Hacking
2) Cyber Theft
3) Unauthorized Use at work
4) Computer Viruses
5) Piracy

Berikut ini adalah cara – cara yang dapat kita lakukan dalam melindungi keamanan website:

  1. Menggunakan Hosting yang memiliki tingkat keamanan yang baik
  2. Pastikan WordPress, Themes dan Plugin selalu Update
  3. Memperkuat Password
  4. Jangan gunakan “Admin” sebagai username website anda
  5. Menyembunyikan Username dari URL Author Archive
  6. Mengatasi pembatasan upaya login
  7. Menonaktifkan Fitur Editing File melalui Dasboard
  8. Usahakan untuk tidak menggunakan Themes Gratisan
  9. Selalu memback-up file website anda secara teratur
  10. Gunakan Plugin untuk lebih menjaga hak akses pengunjung

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib