PROPOSAL E-SCIENCE
CV SEMINARIN (Jasa Event Promotor)
Disusun oleh :
1.
ACHMAD DENI IRSYAD (50414101)
2.
ANDI SUGANDI (51414060)
3.
ALIEF IRIANTO (50414846)
4.
SYAIFUL FAJRIPAMA (5A414588)
5.
IDA BAGUS YAYANG C (55414077)
KELAS : 4IA23
UNIVERSITAS GUNADARMA
MATAKULIAH : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
DOSEN : RINA NOVIANA
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji dan syukur ke hadiran Allah Yang Maha Esa, atas segala rahmat
dan karunia-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan pembuatan
proposal pengantar bisnis informatika.
Kami
menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan bimbingan ibu
dosen serta tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai
pihak. Untuk itu dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa hormat dan terima
kasih kami yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam
pembuatan makalah ini.
Kami
menyadari bahwa dalam proses penulisan dan pembuatan makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami
telah berupaya dengan sebaik-baiknya dari segala kemampuan yang dimiliki
sehingga dapat meghasilkan sebuah karya yang baik. Oleh karena itu, kami dengan
rendah hati serta lapang dada menerima masukan, serta saran guna menyempurnakan
pembuatan makalah ini.
Kalimalang, Januari 2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Identitas
Perusahaan
CV SEMINARIN adalah penyedia layanan berbasis teknologi, mencangkup layanan broadcasting event melalui
web milik CV SEMINARIN yang
dikhususkan untuk mempromosikan event – event. Selain memiliki web kami juga memiliki
aplikasi yang dapat di unduh melalui Google Playstore dan App Store.
1.2 Visi dan Misi Perusahaan
-
Visi
Menjadi penyedia layanan
event promotor terbaik baik event nasional maupun internasionl dan bisa mempermudah promosi sebuah event.
-
Misi
Ø Menyediakan layanan dengan
kualitas terbaik
Ø Membantu event – event
baik startup maupun event besar
1.3 Tujuan dan Sasaran Perusahaan
Menjadi penyedia layanan
event promotor berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, dan Membantu event –
event baik startup maupun event besar
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Regulasi dan Prosedur Pengadaan Jasa
2.1.1 Bentuk usaha Jasa Event Promotor “SEMINARIN”
Pemasaran sebuah event
SEMINARIN mewajibkan penyedia
event untuk mendaftarkan kepada kami melalui web atau aplikasi yang kami
miliki. Jasa yang ditawarkan sebagai berikut :
Ø Jasa Pembuatan tiket online
untuk sebuah event
Ø Pembuatan video animasi singkat
mengenai event
2.1.2 Prosedur
Seperti yang dijelaskan diatas
pertama tama penyedia event untuk mendaftar dengan tujuan verifikasi dan
informasi mengenai event dan penyedianya. Setelah itu penyedia event,
mendaftarkan event yang dibuat dan akan di promosikan. Serta memberikan
informasi baik tempat waktu dan kontak yang berkaitan dengan event. Setelah
didaftarkan kami akan mempublikasikan event tersebut melalui web dan aplikasi
kami kepada user-user yang telah tedaftar di web kami. Selain itu, kami juga
akan mempublikasikan ke sosial media yang kami miliki sehingga mencangkup
pembaca yang lebih luas.
2.2 Sumber
Seminarin menawarkan pelayanan
jasa yang digunakan untuk mempromosikan event promotor, yang ditawarkan adalah
sebagai berikut:
Ø
Menyediakan layanan dengan kualitas terbaik
Ø Membantu event – event
baik startup maupun event besar
PILIHAN LAYANAN
a.
Basic
·
Hanya mempublikasikan di website dan media sosial
tertentu
b.
Medium
·
Mencangkup layanan Basic
·
Mengirim e-mail kepada user yang terdaftar
·
Mempublikasikan ke seluruh sosial media
·
Menyediakan jasa tiket undangan ke seluruh tamu
event (penyedia event yang mengatur jumlah tiket)
c.
VIP
·
Mencangkup layanan Medium
·
Mengiklankan ke seluruh media sosial (Semua biaya
advertising kami yang tanggung)
·
Kami bersedia menjadi event organizer-nya dah yak
PENAWARAN HARGA
Berikut adalah daftar harga
layanan promoting
a.
Basic:
Rp599.000,-
b.
Medium:
Rp1.999.000,-
c.
VIP:
Rp2.999.000,-
2.2.1 Aspek
Keuangan
Dikhuskan untuk yang
menyediakan jasa layanan event organizer
a.
Tahap pelaksanaan
-Tahap 1
Persiapan organisasi dan
perencanaan jasa layanan event organizer
-Tahap 2
Penyedia layanan event
organizer
-Tahap 3
Evaluasi
b.
Biaya pemasaran, administrasi dan umum
Biaya pemasaran yang
dikeluarkan untuk penyedia layanan jasa promotor sedangkan biaya administrasi
dan umumnya dikeluarkan untuk mengkoordinasikan kegiatan event dan penyediaan
layanan
BIAYA PENGADAAN
a.
Basic:
Rp599.000,-
b.
Medium:
Rp1.999.000,-
c.
VIP:
Rp2.999.000,-
d.
Biaya pemasaran
Biaya promosi = Rp.300.000,-
e.
Biaya administrasi
1. Biaya alat tulis = Rp.900.000,-
2. Nota = Rp.100.000,-
2.2.2
ASPEK
PEMASARAN
a.
Iklan
Iklan yang digunakan menjangkau daerah yang cukup puas. Jasa layanan yang
diiklankan lebih di dramatisir melalui visual ataupun audio. Tetapi di sisilain
iklan membutuhkan biaya besar serta tidak bisa diadaptasikan untuk individu
tertentu
b.
Direct
Marketing
Yang termasuk dalam direct marketing antara lain telemarketing,
electronik marketing, dan online marketing.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan
dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia usaha pelayanan jasa. Selain
itu ini juga mempunya tujuan untuk
menyediakan layanan dengan kualitas terbaik, dan membantuk event – event
baik startup maupun event besar.
Kami
menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa. Dalam
pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya
penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal
ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal “CV
SEMINARIN (Jasa Event Promotor)”. Dan terima kasih atas terkabulnya proposal
ini,serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang saya dirikan ini dapat
berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan saya
3.2 Saran
Agar
pelaksanaan suatu usaha pelayanan jasa dapat berjalan dengan lancar, maka kami
punya beberapa saran, antara lain :
1. Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di
laksanakan
2. Pandai berkomunikasi
3. Mempunyai etos kerja yang tinggi
4. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang
lain
5. Tidak mudah putus asa
6. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas
7. Mengutamakan kepuasan pelanggan
8. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif
No comments:
Post a Comment