Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Aplikasi berbasis Web Forum

Tugas mata kuliah softskill Universitas Gunadarma, Pengantar Web Science, jurusan Teknik Informatika, semester 4. Point-pointnya adalah : Contoh dari Aplikasi berbasis web, Keunggulan dan Kelemahannya.
ditulis oleh Sayful Adrian 


(Untuk melihat Part 1-nya, ttg Contoh Aplikasi berbasis Web (Science), beserta kelebihan & kekurangannya, klik link ini)

(Untuk melihat Part 3-nya, ttg Contoh Web (Web Science), Kelebihan & Kekurangan dari Vclass Gunadarma, klik link ini)

1.  Aplikasi Berbasis Web Forum

Pada Part 1 kemarin, kita sudah membahas tentang aplikasi yang berbasis web. Jadi, tidak perlu dijelaskan lagi apa itu aplikasi berbasis web.

Aplikasi berbasis web forum, adalah aplikasi interaktif yang digunakan untuk mendiskusikan sebuah topik antar user. Dan komunikasi bisa terjadi antara tiga pihak secara langsung. yaitu :

  1. User 1 terhadap User 2, semua berada di level yang sama. Dimana User yang tidak termasuk sebagai Administrator grup (bisa server, robot, atau manusia itu sendiri)
  2. User terhadap Server,
  3. Server terhadap User.

Sedagkan Web Forum sendiri, seperti blog. Tidak ada interaksi secara langsung. User yang menulis atau membuat topik, selalu ada di level administrator yang mengatur jalannya diskusi. Sedangkan Sosial media, adalah aplikasi yang mirip dengan aplikasi web forum, tapi bedanya si user dapat menentukan sendiri lingkarannya, siapa yang dapat mengenalnya atau yang ingin dikenal, sedangkan aplikasi web forum, semua orang selalu ada dilingkarannya tanpa terkecuali.

Disisi lain, ada "aplikasi berbasis web", tapi komunikasi interaktif hanya terjadi antara User dengan Server.

2. Contoh Aplikasi Berbasis Web Forum

Aplikasi berbasis Web Forum yang diambil, adalah StackOverflow

 Gambar 2.0 : Halaman Awal StackOverflow



Gambar 2.1
Halaman Beranda StackOverflow bagian 1, setelah login.



Gambar 2.2
: Halaman Beranda StackOverflow bagian 2, setelah login.



Gambar 2.3
: Halaman Topik.


Untuk Gambar 2.0 akan tampil statis ke setiap user yang membuka halaman tersebut. Karena dalam kondisi ini user belum login kedalam aplikasi ini.

Sedangkan Gambar 2.1 Layout halamannya akan sama, tapi isi dari list topik yang ditampilkan berbeda-beda, tergantung pada settingan profil yang dibuat ketika user membuat akun stackoverflow. Profil ini dapat dirubah kapanpun User ingin.

Gambar 2.2 Favourite Tags juga bergantung pada settingan User tersebut. Tapi Jobs near you akan tampil beda-beda. Letak interaktifnya adalah pada ketika User membuka situs ini, secara tak langsung User mengirimkan IP ke Server, kemudian Server akan mencari Jobs yang ada disekitar IP tersebut, dan menampilkannya kepada User tersebut. (Interaktif antara User to Server, dan sebaliknya).

Gambar 2.3 sifatnya sama seperti gambar 2.1, perbedaannya, terletak pada banyaknya item yang interaktif antara User to User. seperti yang telah dikotak-kotakkan di gambar tersebut.

3. Kelebihan dan Kekurangan

"Teknologi bersifat sementara, Selengkap-lengkapnya suatu teknologi baik web atau apapun itu, tetap akan terlihat dimana kekurangannya selama masih banyak manusia lain yg bisa membuat sejenis tersebut."

Kelebihan :

  1. Dengan tombol UP dan DOWN, membuat topik akan terlihat mana yang menarik mana yang tidak.
  2. Sedikit bumbu Sosial Media didalam StackOverflow memudahkan User dalam menemukan topik atau User lain yang sama dalam interest nya

Kekurangan :

  1. Belum ada fitur seperti Conference Call.
  2. Ada 2 tipe komentar yang membuat sedikit ribet, yang pertama adalah komentar yang selevel dengan pembuat TS (pembuka diskusi), dan yang kedua adalah komentar dari TS atau komentar lain yang selevel dengan TS.

5. Kesimpulan

Forum untuk diskusi suatu topik dan semua User yang ada didalamnya berada ditingkatan level yang sama. Blog untuk diskusi juga, tapi User pembuka topik berada di level administrator yang mengatur jalannya diskusi. Social Media untuk diskusi juga tapi lebih bebas dari forum, User dapat memilih sendiri lingkarannya, mana yang User suka atau tidak. Jelas Berbeda antara Aplikasi berbasis Web Forum dengan Aplikasi berbasis Web (Science).

6. Referensi

-Perbedaan Forum, Blog, dan Sosial Media : http://www.web-strategist.com/blog/2008/01/28/understanding-the-difference-between-forums-blogs-and-social-networks/
-Blog VS Forum : http://www.suestudios.com/articles/article23.htm
-Internet Forum https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_forum
-Web Blog : https://en.wikipedia.org/wiki/Blog
-Social Media https://en.wikipedia.org/wiki/Social_media

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib