Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Kelebihan dan Kekurangan V-class

Tugas mata kuliah softskill Universitas Gunadarma, Pengantar Web Science, jurusan Teknik Informatika, semester 4. Point-pointnya adalah : Contoh dari Aplikasi berbasis web, Keunggulan dan Kelemahannya.
ditulis oleh Sayful Adrian 


(Untuk melihat Part 1-nya, ttg Contoh Aplikasi berbasis Web (Science), beserta kelebihan & kekurangannya, klik link ini)

(Untuk melihat Part 2-nya, ttg Contoh Aplikasi berbasis Web Forum, Kelebihan & Kekurangannya., klik link ini)

1.  V-Class Gunadarma

Pada Part 2 kemarin, kita sudah membahas tentang aplikasi yang berbasis web forum. Jadi, tidak perlu dijelaskan lagi apa itu aplikasi berbasis web forum.

V-class adalah salah satu contohnya, V-class berisi dari kuis tanya jawab antara mahasiswa dengan dosen, maupun sebaliknya.

2. Tampilan V-Class Gunadarma

Berikut adalah tampilan dari V-Class Gunadarma



 Gambar 2.0 : Halaman Awal V-class

Gambar 2.1
Halaman Beranda Vclass, setelah login.



Gambar 2.2
: Halaman Kuis dari Vclass

3. Kelebihan dan Kekurangan

"Semua pasti ada kelebihan dan kekurangannya~"

Kelebihan :


  1. Dengan membuka link v-class mahasiswa/i sudah bisa langsung mendownload materi dan mengerjakan quiz yang diberikan dosennya dan juga bisa langsung mengetahui nilai dari quiz tersebut.
  2. Bila quiz yang pertama nilai mahasiswa kurang memuaskan mahasiswa bisa mengulang quiz dengan materi yang sama sebanyak 3 kali, sehingga dapat membantu nilai quiz yang sebelumnya kurang memuaskan.  
  3. Dalam v-class juga disediakan forum untuk mahasiswa menyampaikan pemikirannya atau komentarnya tentang materi yang diberikan. Dalam forum itu mahasiswa juga bisa bertukar pikiran tentang materi yang diberikan dengan sesama teman sekelasnya atau bahkan dengan dosen yang bersangkutan secara online.



Kekurangan :

Virtual Class atau V-Class memang memiliki kelebihan yang membantu mahasiswa/i universitas Gunadarma. Namun selain memiliki kelebihan ternyata virtual class juga memiliki kelemahan yang justru menyusahkan mahasiswa/i universitas Gunadarma. Contohnya saja, ketika mahasiswa/i ingin mengikuti v-class mahasiwa/i harus terlebih dahulu login untuk bisa mengakses materi dan quiz yang disediakan oleh v-class. Ketika login mahasiswa/i harus memasukkan username dan password yang merupakan npm dan password studentsite yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa/i Gunadarma. Namun, tidak sedikit ketika mahasiswa/i login mereka tidak bisa masuk atau login karna kesalahan teknis yang tentu saja merugikan mereka, sebab dengan tidak bisanya mereka login mereka tidak dapat mengakses materi yang di berikan dosennya dan mengikuti quiz yang diadakan dan tidak dapat menikmati kelebihan-kelebihan lainnya dari v-class. Mereka harus secepatnya menemui dosen mereka masing-masing untuk melapor yang tentu saja merepotkan mahasiswa/i yang bersangkutan. Terlebih bila dosen mereka sedang sibuk sehingga jarang berada di area kampus dan waktu v-class yang diberikan telah habis. Akhirnya mahasiswa/i yang bersangkutan tidak mendapatkan nilai atau mungkin digantikan dengan diberi tugas lain atau bisa login namun dengan waktu yang mungkin sedikit “terlambat”.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib