Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Aplikasi Berbasis Web (Science)

Tugas mata kuliah softskill Universitas Gunadarma, Pengantar Web Science, jurusan Teknik Informatika, semester 4. Point-pointnya adalah : Contoh dari Aplikasi berbasis web, Keunggulan dan Kelemahannya.
ditulis oleh Sayful Adrian 


(Untuk melihat Part 2-nya, ttg Contoh Aplikasi berbasis Web Forum, klik link ini)

(Untuk melihat Part 3-nya, ttg Contoh Web (Web Science), Kelebihan & Kekurangan dari Vclass Gunadarma, klik link ini)

1.  Aplikasi Berbasis Web Science

Setelah kita membahas tentang apa itu Web Science, Standarisasi Konten Web (Science), dan Metadatanya, sekarang kita membahas salah satu contoh aplikasi yang berbasis web science.

Web dan Aplikasi berbasis Web, adalah dua hal yang berbeda, mengapa? karena Web itu adalah sesuatu yang statik, tetap, tidak ada perubahan terhadap semua yang melihat web tersebut. Karena Web tersebut tidak bersifat interaktif antara web dengan user, proses download dan upload nya juga hanya terletak ketika User membuka web tersebut. Tetapi, Aplikasi berbasis Web bersifat interaktif, tidak statik, karena web tersebut akan menampilkan tampilan yang berbeda setiap user yang melihatnya.

Contoh : Ketika Web Berita menampilkan artikel, foto, dan konten yang sama kepada setiap user yang mengaksesnya, namun, web kalender (seperti yang dibuat oleh Google) menampilkan event yang berbeda setiap user, dan input outputnya pun juga berbeda, tergantung kepada si User yang menambahkan event ke kalender tersebut atau tidak. Contoh lain web-based application : e-learning, game online, mobile web browser, dll.

Memang, sekarang banyak sekali aplikasi yang berbasis web, namun tidak semua aplikasi yang berbasis web adalah termasuk web science. Bedanya adalah, Aplikasi berbasis Web Science mengandung Ilmu Pengetahuan didalamnya, sedangkan Aplikasi yang berbasis Web biasa, tidak mengandung Ilmu Pengetahuan, seperti Steam, Desura, Aplikasi untuk Bisnis, Game, dll.

2. Contoh Aplikasi Berbasis Web Science

Kemarin kita membawa Wikipedia sebagai contoh Web Science, maka Situs tersebut tidak termasuk Aplikasi berbasis Web. Karena tampilannya tidak interaktif, menampilkan isi yang sama kepada semua yang melihatnya (walaupun ada fitur editing, tetap akan menampakkan penampilan yg sama kepada semua user setelah diedit).

Yang kita bawa sebagai contoh adalah : Codecademy


 
Gambar 2.0 : Halaman Awal CodeAcademy



Gambar 2.1
: Halaman Ketika sudah LogIn CodeAcademy



Gambar 2.2
: Halaman CodeAcademy ketika sudah klik START / CONTINUE kursus.



Gambar 2.3
: Halaman Untuk memilih pilihan lain selain kursus yang dipilih.


Untuk Gambar 2.0 akan tampil statis ke setiap user yang membuka halaman tersebut. Karena dalam kondisi ini user belum login kedalam aplikasi ini.

Sedangkan Gambar 2.1 akan tampil berbeda-beda setiap user, walaupun memilih pilihan yang sama, letak tombol START / CONTINUE yang juga sama, namun disitu akan terlihat sifat semi-interaktifnya. Karena ini semua tergantung pada pilihan, dan proses belajar si user tersebut.

Gambar 2.2 akan lebih terlihat berbeda dengan user lainnya, disini bukan lagi semi-interaktif, tapi sudah benar-benar interaktif. Karena disini akan berbeda tampilan setiap user (walaupun pada tahap dan proses belajar yang sama dalam kursus) tetap akan berbeda. Karena pada halaman ini semua bergantung pada input user, seperti mengetik kodingan. Dan juga, server akan mengirimkan hasil dari kodingan user tersebut, apakah benar, atau salah. Disinilah letak interaktifnya. Server dan User seperti Guru dan Murid yang saling bicara melalui perantara yang bernama Web.

Gambar 2.3 sifatnya sama seperti gambar 2.1, perbedaannya, tampilan ini akan statis, kontennya sama jika user satu dengan yang lainnya memilih course yang sama. Lain halnya jika, user satu dengan yang lain berbeda. Maka tampilannya juga akan berbeda.

3. Kelebihan dan Kekurangan

"Sesuatu yang diciptakan manusia, cepat atau lambat akan terlihat kekurangannya. Sehebat apapun ciptaannya. Karena yang sempurna adalah ciptaan Tuhan"

Kelebihan :

  1. Setiap e-learning pasti memiliki ilmu pengetahuan, temasuk e-learning ini.
  2. Tampilannya sangat interaktif, designnya juga menarik.
  3. Dinamis, aplikasinya cukup cepat dalam hal merespon.
  4. Setiap bab pelajaran dibagi secara mendetail, sehingga user dapat memahami dengan benar .

Kekurangan :

  1. Belum ada fitur yang mengajarkan user menggunakan suara.
  2. Semua masih berbentuk gambar, belum ada video yang mencontohkan codingan
  3. Setiap bab pelajaran terbagi menjadi banyak, sehingga akan memakan waktu lebih lama dalam belajar

5. Kesimpulan

Web, Web Science, adalah hal yang sama. Namun tidak semua Web mengandung ilmu pengetahuan. Sama halnya dengan Aplikasi berbasis Web. Web menampilkan halaman yang statis kepada setiap user, dan tak ada interaksi dalam halaman yang sedang dibuka user (kecuali mengklik link yang menuju halaman baru), sedangkan aplikasi berbasis web, akan ada interaksi yang terus menerus dalam halaman web yang sedang dibuka sampai server mengalihkan ke halaman baru (jika halaman tersebut sudah mencapai interaksi dalam jumlah maksimum).

6. Referensi

-Aplikasi Web : https://en.wikipedia.org/wiki/Web_application
-Simulasi Aplikasi berbasis Web : https://en.wikipedia.org/wiki/Web-based_simulation
-Perbedaan Web dengan Aplikasi berbasis Web http://stackoverflow.com/questions/8694922/whats-the-difference-between-a-web-site-and-a-web-application

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib