Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Ilmu Budaya Dasar dan Ruang Lingkupnya

Ilmu Budaya Dasar : Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Ilmu Budaya Dasar, apa itu?

Basic Humanities atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Ilmu Budaya Dasar, Ilmu yang dikembangkan di Indonesia yang berarti suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar pengertian tentang pengembangan konsep untuk membahas masalah-masalah yang menyangkut kebudayaan. Ilmu Budaya Dasar (biar lebih gampang, kita singkat IBD) berasal dari Basic Humanities, ilmu kembangan dari The Humanities yang berasal dari bahasa latin, yaitu Humanus. Humanus sendiri berarti manusiawi, berbudaya dan halus (refined). 

Pokok-pokok yang terkandung dari definisi kebudayaan:
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia adalah bermacam-macam bentuknya,
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran,
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi,
4. Kebudayaan terstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, dan budaya.

Latar yang membelakangi adanya Ilmu Budaya Dasar berkaitan dengan permasalahan berikut ini :
  • Indonesia terdiri dari macam-macam bangsa, segala kebudayaan yang beraneka ragam tercemin dalam aspek kebudayaannya, yang tidak bisa lepas dari ikatan kesukuan / kedaerahan.
  • Proses pembangunan memiliki dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya.
  • Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan memunculkan peristiwa perubahan kondisi kehidupan manusia, yang menimbulkan konflik dengan tata moral budayanya, yang pada akhirnya membuat manusia kebingungan terhadap kemajuan yang sudah diciptakannya.

Ruang Lingkup IBD


  • Seluruh aspek kehidupan yang mana semua yang berkaitan dengannya adalan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya atau teori The Humanities. Boleh dari segi kedisiplinan dalam pengetahuan kebudayaan, boleh juga secara gabungan (antar bidang).
  • Hakikat manusia yang bersifat universal, namun beraneka ragam wujudnya dalm kebudayaan masing-masing zaman.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib