Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Jenis-Jenis Komputer

Tugas mata kuliah Universitas Gunadarma, Sistem Operasi, jurusan Teknik Informatika, semester 5. Point-pointnya adalah : Jenis-jenis komputer yang dibagi berdasarkan data yang diulah, ukuran, dan penggunaan.
ditulis uleh Sayful Adrian 


Jenis-jenis Komputer

Komputer jaman sekarang, sudah banyak jenisnya. Karena memang tiap komputer dikhususkan untuk fungsi tertentu walaupun komputer selalu bisa mengerjakan multifungsi, tetapi ini berfungsi untuk meringankan beban kerja komputer tersebut, sehingga waktu pengerjaan tugas lebih cepat.

Langsung saja, berikut ini adalah jenis-jenis komputer :

1. Berdasarkan Data yang di olah

  • Analog
  • Analog Computer adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengulah data yang sifatnya berkelanjutan (kontinyu), datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik, gelombang suara, dll. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (contrul) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung.
    Ciri-ciri komputer analog:
      -Data yang diulah merupakan data kualitatif (pengulahan dilakukan atas pulsa kontinyu).
      -Digunakan dalam proses pengawasan suatu pengulahan.
      -Bekerja secara kontinu dan parallel.
      -Tidak memerlukan bahasa perantara.
      -Mengulah data dalam bentuk fisik.
      -Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk gafik.
    Kelebihan :
      -Kecocokan dalam pengukuran.
      -Pengulahan data cepat.
      -Merupakan special-purpose komputer.
      -Merepresentasikan besaran yang akan diproses dan yang dihasilkan dalam suatu rentang -Nilai tertentu yang disesuaikan dengan nilai besarannya,
      -Berdayaguna untuk pengontrulan yang otomatis pada proses-proses industri.
    Kekurangan :
      -Dalam  memproses data kurang tepat.
      -Masih kurang bahkan tidak dapat memproses data berupa angka.
      -Hanya menyelesaikan suatu masalah yang khusus.
      -Memiliki komponen yang berlebihan dan banyak hingga disebut rumit.
      -Tidak terstruktur.
      -Tidak multifungsi.
      -Daya tenaga yang masuk banyak sementara daya hasil keluaran tidak seimbang/kurang.
    Contoh : Amperemeter, Vultmeter, Barometer, Termometer, alat hitung pengukur suhu, alat hitung pengukur kecepatan,  pengukur  arus,, pengukur temperature, pengukur tekanan, dll.

  • Digital
  • Digital Computer adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif). Data dari digital komputer biasanya berupa simbul yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbul aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbul numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbul-simbul khusus, seperti halnya: ? / + * & !. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.
    Kelebihan :
      -Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
      -Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan uleh proses.
      -Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya, yaitu membandingkan elemen nilai yang satu lebihkecil atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau tidak samadengan elemen nilai yang kedua.
      -Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
      -Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik maupungambar.
    Kekurangan :
    *Sementara ini belum ditemukan kekurangan komputer digital, karena hampir semua yang dikerjakan oleh kopmuter analog, bisa dikerjakan uleh komputer digital, dan masalah ketepatan, sekarang tingkat ketepatannya sudah mendekati sempurna.
    Contoh : Komputer PC yang biasa kita gunakan, Kalkulator, Timbangan berat badan digital, IBM PC3, Indikator bensin pada Supra X 125, dan masih banyak lagi.

  • Hybrid
  • Hybrid Computer  adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.
    Contoh : Komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

2. Berdasarkan Ukuran

  • Mainframe
    Komputer Mainframe adalah komputer yang digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi kritis, pengolahan data massal seperti sensus, industri dan statistik konsumen, perencanaan sumber daya perusahaan dan proses transaksi.
  • Ciri-ciri komputer mainframe :
      -Memiliki Processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
      -Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik.
      -Dapat mengakses pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.
    Contoh komputer mainframe : IBM System/360, IBM System(ESA)/390, Honeywell-Bull DPS 7.

  • Microcomputer
    Sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
  • Contoh komputer mikro : Altair 8800, Tandy TRS-80, IBM PC/kompatibel (Desktop), IBM PC/kompatibel (Laptop), Apple I, Apple II, Apple Lisa, Apple Macintosh, Apple iMac, Apple MacMini, Apple PowerMac, Apple PowerBook, Apple iBook, Apple MacBook.

  • Minicomputer
    Komputer yang digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan. Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.
  • Contoh komputer mini : PDP-8 (Programmable Data Processor 8), PDP-11 (Programmable Data Processor 11), VAX (Virtual Address eXtension), Xerox Star, IBM System/370.

3. Berdasarkan Ukuran

  • Special Purpose
  • Komputer untuk tujuan umum adalah komputer yang digunakan secara umum. Maksudnya? Komputer ini adalah komputer yang biasa kita temukan atau yang biasa kita gunakan sehari-hari. misalnya komputer yang digunakan untuk mengetik, mengolah data perhitungan, mengolah data grafis, mengolah database, dan lain sebagainya. Contoh dari Komputer ini adalah PC dan Laptop, mesin cuci, televisi, dll.

  • General Purpose
  • Tunggu dulu deh sebentar. Memang ada ya komputer untuk tujuan khusus? bagaimana sih maksudnya? Oke, begini maksudnya. Special purpose computer adalah komputer yang digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi saja. Hayo! makin bingung kan?. Maksud mempunyai satu fungsi saja itu adalah komputer tersebut tidak digunakan untuk pekerjaan yang biasanya. Contohnya adalah Komputer SERVER, PC router, atau terminal dumb. kalau masih bingung, lihat gambar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib