Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Sejarah Teknologi Game

Tugas mata kuliah Universitas Gunadarma, Softskill, jurusan Teknik Informatika, semester 5. Point-pointnya adalah : Sejarah Teknologi Game
ditulis uleh Sayful Adrian 


Apa itu Game?



Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan melalui media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar para pemainnya mendapatkan kesenangan dan kepuasan secara batin. Tidak semua game tidak mendidik, dari game dapat belajar strategi, kerja sama, bahkan dapat belajar bahasa baru jika memang game itu universal atau semua orang yang ada didunia dapat mengaksesnya.

Sejarah Game

Tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali adalah awal dari video game, muncul pada akhir tahun 1940an. Kemudian dikembangkan pada tahun-tahun selanjutnya dari mulai yang sederhana kemudian yang semakin kompleks. Akhirnya saat ini game memiliki banyak genre, dari mulai arcade, adventure, mobile, bahkan desktop.

Computer Space adalah perusahaan komersial pertama yang menguasai dunia game komputer pada tahun 1971, kemudian disusul dari berbagai negara lain hingga perusahaan ini tidak bertahan lama. Setelah jaman ini, Jepang yaitu dari sony playstation mulai merebut singgasana penguasa game, hingga akhirnya xbox, nintendo, bahkan game pc pun banyak keluar. Walaupun saat ini sony masih ada, akan tetapi hanya mendominasi dibeberapa wilayah saja. Steam, origin, uplay masih memegang kendali seluruh game. Dikarenakan sifatnya yang "DRM-free", yaitu dimainkan dimanapun bisa asal tinggal login saja.

Generasi Video Game

Ada beberapa generasi video game, seperti berikut :
  1. Generasi Pertama : Pong Style
  2. Magnavox Odyssey adalah konsol yang mepopulerkan game "pong-style". Pong-style ini, cara mainnya seperti game-bot, atau bermain pingpong dengan tampilan garis sebagai player, dan titik sebagai bola.

  3. Generasi Kedua : Fairchild Channel & Radofin
  4. Disini, yang berperan sebagai pemegang tahta dunia game, adalah ATARI. disinilah berawalnya permainan desktop. dan cikal bakal dari playstation.

  5. Generasi Ketiga : Nintendo vs Sega
  6. FAMICOM atau Nintendo (nama yang sekarang dipakai), adalah sebuah produsen game dari jepang. Game yang awal mulanya adalah 8-bit (yang dikembagkan oleh ATARI) sekarang menjadi 16-bit. Di masa ini lah terjadi perang konsol game pertama, antara Nintendo dengan Sega.

  7. Generasi Keempat : Playstation
  8. Playstation adalah game yang berbasis game komputer sehingga, playstation ini ditiru oleh konsol game lainnya seperti xbox, nintendo DS dan lain-lain. Hingga game yang ada di playstation ini muncul juga di game desktop bahkan mobile.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib