Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

courseworks

Dampak Positif & Negatif Teknologi Game

Tugas mata kuliah Universitas Gunadarma, Softskill, jurusan Teknik Informatika, semester 5. Point-pointnya adalah : Sejarah Teknologi Game
ditulis uleh Sayful Adrian 


Apa itu Game?



Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan melalui media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar para pemainnya mendapatkan kesenangan dan kepuasan secara batin. Tidak semua game tidak mendidik, dari game dapat belajar strategi, kerja sama, bahkan dapat belajar bahasa baru jika memang game itu universal atau semua orang yang ada didunia dapat mengaksesnya. seperti yang dijelaskan disini. Maka pastilah teknologi game ini memiliki dampak negatif & positif, akan dijelaskan dibawah ini.

Dampak Positif

Banyak yang berfikir kalau bermain game adalah pekerjaan sia-sia atau membuang waktu saja, bahkan tidak ada dampak positif nya sama sekali. Namun, disini akan dibuktikan kalau game ada dampak positifnya :

  1. Membuat otak berfikir secara kritis
  2. Permainan paling sederhana, adalah catur. Saat awal-awal memang, tidak kritis. Namun, ketika sudah mulai memasuki mid-game (masa pertengahan), atau late-game (masa akhir-akhir ketika sang pemain mau kalah), barulah terlihat kritis. Mengapa kritis? karena salah sedikit dapat menyebabkan sang pemain tersebut kalah, dalam satu waktu juga sang pemain dituntut untuk menyerang.

  3. Membangun kehidupan sosial
  4. Di zaman serba canggih, banyak media sosial yang terbentuk, dari mulai facebook, twitter, instagram, path, dll. Bagaimana jika di game? tentunya ada juga fitur chatting in-game saat ini, dimana setiap pemain bisa berkomunikasi dengan pemainnya di dalam game. Tentunya dari sini bisa membangun komunikasi dengan player lain.

  5. Mendidik & melatih otak
  6. Game game seperti elevate, brainwars (platform android). Ini tentunya melatih grammar, tambah-tambahan, kecepatan respon sang pemain. 

  7. Menghilangkan penat
  8. Nah disini, untuk kategori game yang hanya menghibur seperti tahu bulat digoreng dadakan yang sempat booming tahun lalu di platform android, ini hanya untuk melepas penat. 

Jika masih penasaran dan tidak percaya, silahkan download game yang telah disebutkan, nanti akan tahu bagaimana sisi lain dari game bekerja.

Dampak Negatif

Dibalik dampak positif dari game, pastinya ada dampak negatif, dari sini lah mayoritas orang melihat game.
  1. Kekerasan
  2. Bagaimana tidak, terkadang sang pemain yang masih memiliki jiwa labil, mudah terbawa emosi ketika kalah misalnya, atau dalam game yang mewajibkan bekerja sama dengan tim, kesal terhadap timnya karena membuat sang pemain kalah. Disini akan membawa sang pemain bertindak kasar terhadap orang yang membuat dia kesal. Bahkan ada beberapa kasus dimana pembunuhan karena game terjadi.

  3. Kecanduan
  4. Paling banyak kita lihat di warnet, anak-anak bolos sekolah demi bermain game, itu karena mereka masih memiliki emosi labil sehingga tidak bisa membagi waktu antara mana yang lebih penting, game atau pendidikan.

  5. Isolasi sosial
  6. Sebenarnya ini bukan hanya dampak negatif dari bermain game, tapi juga semua media sosial. Karena terkadang terlalu sering komunikasi online akan membuat orang malas komunikasi secara langsung, alasan jarak atau waktu misalnya.

  7. Membuat stress
  8. Ini adalah kebalikan dari menghibur, dimana pemainnya terlalu terbawa suasana, ketika bermain kalah terus akan membuat pemainnya stress. Biasanya poin ke 4 ini terjadi kepada orang-orang yang candu pada game.

References


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib